Tags

,

E-commerce atau perniagaan Elektronika yang merupakan bagian dari Electronic Business atau jasa secara elektronik yang memanfaatkan Jaringan Komputer, salah satunya adalah Internet. E-commerce dibandingkan oleh Pasar Tradisional saat ini memiliki banyak kekurangan seperti; Membutuhkan waktu yang sangat lama dalam melakukan transaksi, dengan adanya jarak menjadi permasalahan untuk mencari suatu produk, lalu jaringan pasar yang terbatas dan Perkembangan teknologi yang menuntut cara penjualan produk yang lebih modern.

                Dengan adanya e-commerce bertujuan untuk:

  1. Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat Internet hanya membutuhkan akses internet dan interfacenya menggunakan web browser.
  2. Membangun konsep pasar bukan sekadar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi dll.
  3. Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif.

 

Ada 3 jenis E-commerce

  1. Business to consumer (B2C) yaitu dimana pelanggan berhubungan langsung dengan dengan produsen/pabrik dan menghindari perantara .
  2. Business to Business (B2B) yaitu pesertanya terdiri dari produsen-produsen.
  3. Consumer to Consumer (C2C) yaitu dimana pesertanya semua individu dengan satu pihak berperan sebagai pembeli yang lainnya berperan sebagai penjual.

 

Business to Consumer (B2C)

Keuntungan yang didapat dari B2C adalah sebagai berikut:

  1. Kenyamanan
  2. Banyak barang dan jasa yang lebih murah ketika dibeli lewat web.
  3. Pada saat berbelanja kita dapat membandingkan harga dan kualitas.
  4. Adanya Disentermediasi (Penghapusan organisasi perantara Antara produsen dan konsumen.

Inilah contohnya

Image

 

 

Business to Business (B2B)

Keuntungan yang didapat adalah sebagai berikut:

  1. Memungkinkan produsen untuk membeli bahan dengan biaya rendah.
  2. Perusahaan dapat menjual ke pasar global.
  3. Menawarkan keuntungan yang sangat besar di Negara-negara berkembang.

Contohnya: Alibaba, Manta, Indiamart

Image

Consumer to Consumer (C2C)

Keuntungannya adalah sebagai berikut:

  1. Sering dilakukan pelelangan melalui situs web e-bay
  2. Pertumbuhan C2C berkontribusi untuk mengurangi penggunaan halaman yang diklasifikasikan khusus untuk menginklankan dan menjual barang pribadi 

Image

Model proses dalam e-commerce

  1. Pencarian dan identifikasi
  2. Seleksi dan negosiasi
  3. Pembayaran produk dan jasa secara elektronik
  4. Produk dan jasa pengiriman
  5. Layanan after-sales

Model proses dalam e-commerce (B2B dan B2C)

Image

Tantangan dalam penguasaan e-commerce

  1. Mendefinisikan model e-commerce yang efektif
  2. Perlu mengubah system distribusi dan proses kerja
  3. Mengintegrasikan pemrosesan order berbasis web dan dengan system tradisional.

3 Komponen terpenting dalam penentu keberhasilan e-commerce

 Image

E-commerce Software

  • Catalog management
  • Product configuration
  • Shopping cart facilities
  • E‐commerce transaction processing
  • Web traffic data analysis

 

Electronic Shopping Cart

Image

E-commerce Transaction Processing:

  • Ecommerce transaction processing software: menghubungkan partisipan dalam ekonomi ecommerce dan memungkinkan komunikasi Antara mitra dagang, terlepas dari infrastruktur teknis mereka
  • Sepenuhnya mengotomatisasi proses transaksi dari penempatan order sampai rekonsiliasi
  • Web site traffic data analysis software: mengolah dan menganalisis data dari file log Web untuk memberikan informasi yang berguna dalam meningkatkan performa situs Web

Sistem pembayaran elektronik

  • Digital certificate: lampiran ke pesan e‐mail atau data yang tertanam di halaman Web yang memverifikasi identitas pengirim atau situs Web
  • Certificate authority (CA): pihak ketiga yang terpercaya yang mengeluarkan sertifikat digital
  • Secure Sockets Layer (SSL): protokol komunikasi yang digunakan untuk mengamankan data yang sensitif
  • Electronic cash: sejumlah uang yang terkomputerisasi, disimpan, dan digunakan sebagai kas untuk transaksi ecommerce
  • Electronic wallet: nilai yang disimpan komputerisasi yang menyimpan informasi kartu kredit, uang tunai elektronik, identifikasi pemilik, dan informasi alamat. Contohnya: credit card, change card, debit card, smart card. 

 

Image

 

Ancaman terhadap E-commerce:

  1. Insiden penggunaan e- dan m-commerce
  2. Pencurian property intelektual

-          Intelektual property seperti; music, buku, penemuan, lukisan, gambar, dan item special lain yang menarik dan dilindungi hak paten, copyright, atau trademark

-          Paten dalam proses bisnis.

Penipuan

Phishing: pesan palsu yang seakan‐akan dari lembaga yang sah untuk membongkar informasi

pribadi dari pelanggan dengan meyakinkan mereka untuk pergi ke “spoof” situs Web

• Penipuan pelelangan online

Spam: e‐mail yang dikirim ke berbagai orang dan kelompok Usenet tanpa pandang bulu

• Pyramid schemes

• Investment fraud

• Stock scams

Invansi terhadap privasi konsumen

Online profiling: merekam perilaku online penggunaWeb untuk menghasilkan iklan bertarget

Clickstream data: pengumpulan data berdasarkan situs Web yang dikunjungi dan item yang diklik

Safe harbor principles: prinsip‐prinsip yang membahas isu‐isu data privasi e‐commerce dalam pemberitahuan (notifikasi), pilihan, dan akses

 

Kelebihan dan Kekurangan E-commerce

Kelebihan e-commerce

  1. Menurunkan biaya operasional, menaikkan profit
  2. Meningkatkan pangsa pasar
  3. Melebarkan jangkauan pemasaran
  4. Mengurangi penggunaaan waktu, meningkatkan produktivitas
  5. Meningkatkan layanan ke pelanggan (untuk beberapa kasus)
  6. Fleksibilitas, pelanggan dapat belanja tanpa terbatas kondisi ruang dan waktu
  7. Aliran pendapatan yang menjanjikan
  8. Membutuhkan keahlian komputer
  9. Biaya untuk akses internet
  10. Resiko kebocoran data personal
  11. Berdasarkan pada kepercayaan (terkadang meragukan)
  12. Kerugian finansial karena penipuan
  13. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan layanan.

Kekurangan e-commerce

Tips memproteksi Privasi saat Online

Tips

Alasan

Jangan pernah memberikan informasi pribadi terutama nomer identitas anda (ssn)

Asumsikan bahwa informasi yang anda berikan tentang  diri anda akan muncul di database suatu tempat. Meskipun sesuatu yang sepele seperti kartu jaminan dapat meminta jumlah pendapatan dan telepon – jangan

berikan data tsb.

Sebelum registrasi ke sebuah website, periksa dulu kebijakan privasi (privacy policy) –nya.

Carilah BBB atau TRUSTe seal Jika situs tersebut tidak menjelaskan bagaimana mereka akan menggunakan

informasi pribadi anda, berhati‐hatilah!

Berhati‐hatilah dalam mengirim email, mengirim pesan ke group, atau berbicara” chat room.

Segala sesuatu yang anda kirimkan di forum‐forum tsb dapat dilihat dan digunakan oleh marketer untuk

mengubah profil personal anda.

Update software browser anda.

Beberapa browser yang terupdate memiliki teknologi enkripsi yang tersedia dan bisa diunduh. Secara umum, apabila perusahaan merilis sebuah update browser , berarti seseorang telah menemukan celah di

keamanannya.

Pertimbangkan untuk membeli digital ID untuk menggantikan informasi asli anda.

Ini memungkinkan user mengakses halaman web secara anonimus

 

 

About these ads